Minggu, 22 Maret 2009

Teh Hijau Bantu Sehatkan Gusi

NEW YORK - Selain merawat kesehatan dan kebersihan rongga mulut, meminum secangkir teh hijau secara rutin ternyata dapat menjadikan gusi Anda sehat.

Dr Yoshihiro Shimazaki, salah satu ahli dalam penelitian ini mengatakan gusi yang sakit merupakan akibat adanya infeksi bakteri. Senyawa antioksidan bernama polyphenol dalam teh hijaulah yang berperan melawan bakteri gusi tersebut. Demikian yang dikutip Reuters, Senin (23/3/2009).

Pada penelitian ini, Shimazaki dan tim ahli dari Universitas Kyushu di Fukuoka, Jepang, telah menguji 940 orang dengan tanda-tanda berpenyakit gusi berusia antara 49 dan 59. Selain itu, mereka juga diminta untuk mengisi angket daftar pertanyaan mengenai kebiasaan merokok dan minum, menyikat gigi serta meminum teh hijau.

Hasilnya, bahkan dengan melibatkan faktor gaya hidup dalam riset ini menunjukkan persentase kemungkinan sakit gusi menurun seiring dengan meningkatnya konsumsi teh hijau. Dari penelitian sebelumnya diketahui pula bahwa makanan dan sumber gizi tertentu seperti biji-bijian, serat dan vitamin C pun dapat membantu melindungi gusi dari penyakit.

Yang menarik, orang Jepang zaman dulu ternyata memiliki gusi yang sehat karena kebiasaan mereka meminum teh hijau dengan sedikit campuran bunga mawar.

"Setiap cangkir yang mereka minum secara rutin telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit gusi berdarah atau rusak," ujar para peneliti dalam Journal of Periodontology edisi Maret 2009.

"Bagaimanapun, dengan hanya meminum teh hijau bukan berarti tak perlu lagi perawatan ke dokter gigi. Perawatan rongga mulut secara keseluruhan tetap yang paling penting," pungkas Shimazaki. (srn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar